Jumat, 27 Mei 2011

Perbandingan Processor Intel Dengan AMD


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.      LATAR BELAKANG MASALAH

Dalam beberapa tahun terakhir, pemakaian prosesor pada komputer telah berkembang dengan sangat cepat. Penggunaan komputer memegang peranan yang sangat penting bagi berbagai aspek kehidupan, terutama pada hardware inti dari komputer yang sering disebut CPU atau Prosesor.

Pada umumnya prosesor ini dibuat agar kinerja pada komputer agar lebih cepat saat kita gunakan untuk bebbagai hal, yaitu editing video dan program-program 3D.

Pada saat ini juga perbandingan antara prosesor INTEL dan AMD sangatlah bersaing, terutama pada kinerja kecepat dari prosesor tersebut. Kedua prosesor ini tiap tahunnya selalu menunjukan wajah baru dari merk prosesor mereka yaitu INTEL di CORE i7 dan AMD di Phenom x4.

Maka untuk hal ini kedua dari prosesor tersebut mengadakan kerjasama pada perusahaan HP terutama pada notebook, dimana notebook HP ini menggukan chip INTEL dan AMD serta ATI Radeon untuk graphic card.

1.2.RUMUSAN MASALAH

Untuk menjawab kekurangan-kekurangan yang telah disebutkan di atas maka prosesor INTEL dan AMD menjadi sebuah pengetahuan inti perangkat keras dari k
komputer.

Dasar masalah yang timbul dari kekurangan yang telah disebutkan diatas adalah untuk menjawab pertanyaan sebagai berikut :
1.            Berapakah harga dari kedua prosesor tersebut sesuai dari kecepatan dan kinerjanya ?
2.            Apakah prosesor INTEL akan dapat tersaingi dengan prosesor AMD yang selama ini kita gunakan pada notebook maupun komputer ?
3.            Bagaimana kita mengetahui kedua prosesor tersebut dalam hal kinerja dan kecepatannya ?
4.            Mengapa kita harus memilih salah satu prosesor tersebut INTEL atau AMD ?

1.3.      RUANG LINGKUP

Penilitian ini saya laksanakan pada saat mudik pulang ke rumah di kota Tanjung Enim tanggal 24 Desember 2008 s.d 3 Januari 2009.

Agar pembahasan makalah diskusi ini lebih mudah dan lebih terarah, maka peneliti membatasi pembahasan pada :
1.            Perbandingan harga dari perangkat keras prosesor INTEL dan prosesor AMD.
2.            Intel ® Dual Core dan AMD Athlon X2 merupakan perangkat keras yang saya gunakan pada prosesor INTEL dan AMD saat penelitian di rumah.
3.            Perbandingan kecepatan dan kinerja dari prosesor INTEL dan prosesor AMD.


1.4.      TUJUAN DAN MANFAAT

Adapun tujuan dari makalah ini adalah mengenal prosesor Intel dan AMD lebih jauh lagi dari yang sebelumnya yang kita tidak ketahui sama sekali.
Sedangkan manfaat dari makalah ini adalah untuk mengetahui prosesor mana  yang lebih baik, prosesor Intel atau AMD.

1.5.      METODE PENGUMPULAN DATA

Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data sesuai dengan yang dibutuhkan. Adapun pengumpulan data tersebut peneliti memperoleh dengan cara sebagai berikut :
1.            Penelitian Lapangan
Peneliti langsung mengadakan penelitian saat liburan natal dan tahun baru kemarin di Tanjung Enim di rumah sendiri untuk memperoleh data yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan.
2.            Penelitian Kepustakaan
Peneliti melakukan penelitian untuk memperoleh data-data yang bersifat teoritis dari internet yang ada hubungannya dengan penelitian yang dilakukan.

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1.    PROSESOR INTEL DAN AMD
Intel Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di AS dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS.

Intel mengganti logo dan slogannya pada 1 Januari 2006. Slogan lamanya "Intel inside" diganti dengan "Intel Leap ahead".

Beberapa produk prosesor Intel yang ada sampai sekarang ini yaitu :

1. Intel® Pentium® 4          2. Intel® Pentium®  Dual-Core        3. Intel® Core2 Duo




4. Intel® Core2 Quad      5. Intel® Core2 Extrme                  6. Intel® Core i7






AMD (Advanced Micro Devices) adalah sebuah perusahaan pembuat sirkuit terpadu, prosesor atau IC (integrated circuit) yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika.
Pabrik pertama berada di Austin, Texas, Amerika dan pabrik kedua berada di Dresden, Jerman yang ditetapkan untuk memproduksi Athlon saja. Bila semuanya berjalan lancar, mimpi harga sistim PC akan dapat lebih murah bisa terwujud karena tidak lagi di monopoli oleh Intel. Pada tahun 2006 juga, AMD telah berhasil mengakuisisi perusahaan Grafis terkenal asal Amerika yaitu ATI Tecnology.
Perusahaan ini adalah penyedia prosesor x86-compatible processors terbesar kedua. AMD juga sudah dikenal oleh dunia, beberapa produknya yaitu :

1. AMD Sempron               2. AMD Athlon FX               3. AMD Athlon 64





4. AMD Athlon X2            5. AMD Athlon X3                6. AMD Athlon X4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar